Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Mata Anda adalah jendela dari jiwa Anda. Tak hanya itu, mata juga merupakan jalan menuju dunia di sekitar Anda. Kemampuannya jauh lebih tinggi dari kamera dengan teknologi secanggih apapun. Namun, banyak dari kita yang tidak begitu memperhatikan perawatannya.

Seiring dengan kegiatan dan bertambahnya umur, tentu saja mata membutuhkan perawatan agar terjaga kesehatannya.
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTsWDQeVkvRlysR9tPsPj51OSCtdflSiH1yvLHpFwve0DOigng&t=1&usg=__KO56l2MSCcHqEkWjO-sQH4Xi3-g=
1. Periksa mata secara rutin. Penyakit seperti glukoma, katarak, dan bahkan diabetes bisa diketahui sejak dini, serta dapat diatasi segera.

2. Tidak terlalu lama bekerja di depan layar komputer. Sering-sering mengistirahatkan mata selama menggunakan komputer dapat mengurangi ketegangan mata.

3. Menggunakan kacamata yang tepat. Kacamata hitam untuk kegiatan luar ruangan, kacamata renang untuk kegiatan berenang, hingga kacamata untuk bersepeda.

4. Makan makanan yang tepat. Makanan mengandung vitamin A dan beta carotene, seperti wortel, tomat, dan sayuran hijau baik untuk mata Anda. Termasuk ikan, jeruk dan makanan lain yang mengandung omega-3

Sumber :safril.wordpress.com
»»  READMORE...

Menjaga Mata Agar Terhindar Dari Penyakit Mata

Untuk membuat mata anda tetap sehat dan dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih baik untuk jarak jauh maupun dekat sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini :

1. Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat
Jarak yang aman untuk menonton televisi kalau tidak salah 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.


2. Bekerja / Bermain Komputer Jangan Terlalu Lama
Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jauh-jauh selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.

3. Bermain Video Game Jangan Terlalu Dekat
Anak-anak jaman sekarang banyak yang cuek terhadap kesehatan mata. Ini dapat kita lihat dengan banyak yang main ps / playstation atau vido game sejenis lainnya dekat dengan layar tv. Sebaiknya biasakan marahi anak yang bermain game terlalu dekat. Jaraknya mirip dengan poin nomor 1 di atas.

4. Membaca Buku
Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan pun juga harus cukup misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.

5. Hindari Debu Dan Polusi
Bagi anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi, polisi cepek, preman, supir angkot, kurir, dan lain sebagainya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

6. Makan Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A
Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau mekanan yang mengandung vitamin A eperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain sebagainya.

Jagalah kesehatan mata anda agar anda tidak tersiksa karena harus memakai kacamata terus-menerus. Dengan mata yang sehat anda punya banyak peluang untuk tembus tes-tes kesehatan yang mengharuskan mata anda sehat walafiat. Hubungi dokter setiap anda punya masalah dengan mata. Selamat mencoba.
»»  READMORE...

Mencegah dan Mengatasi Rabun Jauh (Myopia)

Myopia berasal dari bahasa Yunani yang artinya “Pandangan Dekat” (“nearsightedness”). Ini karena kerusakan mata yang menghasilkan fokus pandangan di depan retina.

Penderita Myopia bisa melihat benda dari jarak dekat dengan jelas. Namun pada jarak jauh benda tampak kabur sehingga membuat kepala menjadi pusing. Jika anak anda merasa pusing ketika melihat tulisan di papan tulis di ruangan kelasnya dan pandangannya kabur, kemungkinan dia menderita Myopia.

MyopiaPara profesional perawatan mata, umumnya mengatasi masalah Myopia dengan penggunaan lensa (corrective lenses) seperti kacamata atau lensa kontak (contact lenses). Bisa juga diatasi dengan operasi refraktif seperti LASIK. Lensa koreksi memiliki ukuran kekuatan (power) negatif atau bisa disebut lensa minus untuk mengatasi mata myopia.

Myopia terbagi dalam 3 tingkatan:

1. Myopia Rendah dengan dioptre mendekati 0 – -3.00
2. Myopia Sedang dengan dioptre -3.00 – -6.00
3. Myopia Tinggi dengan Dioptre -6 hingga ke bawah (-10).

Diperkirakan penderita Myopia antara 800 juta hingga 2,3 milyar (ini karena jarang ada yang merasa menderita Myopia). Di negara-negara seperti Cina, India, dan Malaysia, 41% dari orang dewasa menderita Myopia hingga -1.00.

Terlampau sering membaca, apalagi dengan jarak yang terlalu dekat hingga cahaya yang terlalu gelap dapat menyebabkan anak menderita myopia. Begitu pula berbagai pekerjaan yang mengharuskan melihat benda dari jarak dekat seperti menjahit. Sebaliknya bermain atau olah raga di luar selama 2-3 jam dengan paparan sinar matahari (idealnya pagi) bisa mengurangi kemungkinan penyakit Myopia.

Para peneliti Australia menyimpulkan bahwa paparan pada sinar matahari bermanfaat untuk membatasi pertumbuhan bola mata yang bisa menyebabkan Myopia atau Rabun Jauh. Mereka membandingkan anak-anak dari negara maju seperti Australia dan Singapura. Anak-anak Singapura yang rata-rata hanya menghabiskan waktu 30 menit di luar rumah ternyata 90% mengidap Myopia sehingga harus memakai kacamata baik secara permanen atau pun temporer. Sementara anak-anak Australia yang menghabiskan waktu 2-3 jam untuk bermain di luar rumah hanya 20% yang menderita Myopia. Paparan sinar matahari di luar rumah bisa menambah dopamine pada mata yang dapat mencegah Myopia.

Jadi pencegahan penyakit Myopia dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Membaca jangan terlalu dekat (minimal sepanjang siku anda)
2. Membacalah di ruangan yang cukup terang
3. Jangan membaca sambil tiduran
4. Hindari menonton TV/main play station terlalu dekat secara terus menerus
5. Hindari memakai komputer dengan monitor terlampau dekat. Sekali-sekali pandanglah ke tempat yang jauh.
6. Bermainlah di luar rumah selama 2-3 jam setiap hari dan lihat obyek yang jauh
7. Berolahragalah agar otot-otot anda termasuk mata jadi kuat
8. Makanlah makanan yang bermanfaat bagi mata anda seperti vitamin A, Beta Karotin, dan sebagainya.

Sumber : http://www.lilykasoem.com/2010/01/28/cara-mencegah-dan-mengatasi-rabun-jauh-myopia/
»»  READMORE...

Kiat Menjaga dan Merawat Mata

Tanpa kita sadari, kadang kita "merusak" mata sendiri. Tindakan-tindakan apa sih yang bisa membuat mata kita jadi tidak normal?

Mata merupakan organ penting di tubuh kita. Sekitar 95 persen informasi yang diterima
otak, masuk melalui panca indera penglihatan tersebut. Dikatakan dr Zulhafdy M Sp.M, mata juga sebagai jendela tubuh kita. "Beragam penyakit yang menyerang tubuh bisa terdeteksi melalui mata. Ini karena pada mata terdapat banyak sekali pembuluh darah, jaringan saraf berukuran halus," ujar dokter mata di RS Husada Jakarta ini.

KLIK - Detail Untuk menguji apakah seseorang mengidap hepatitis, biasanya dokter juga akan memeriksa bola matanya yang tampak kekuningan warnanya. Adanya kencing manis, pada gradasi tertentu ditandai oleh adanya bercak perdarahan pada bola mata. Demikian pula kalau menderita hipertensi, maka persilangan antara pembuluh darah vena dan arteri di bola mata terlihat lebih kaku.

Karena begitu pentingnya kondisi mata tetap sehat, kata Zulhafdy, setiap orang tua harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan anak termasuk kondisi mata. Apakah normal atau tidak "Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua sebelum memutuskan, untuk membawa anaknya ke dokter mata," tutur Zulhafdy.

Bayi usia 8 - 12 bulan, dikatakan Zulhafdy sudah terbentuk kordinasi antara tangan dan mata. "Setelah melihat sesuatu yang dekat, maka tangannya akan berusaha meraih. Sebaliknya kalau bayi terlihat cuek aja, berarti ada sesuatu dengan matanya. Hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter.

Guru play group atau TK, kata Zulhafdy, mestinya concern dengan ketajaman penglihatan murid-muridnya. "Tidak jarang, lho, murid yang tadinya selalu mendapat nilai bagus, tiba-tiba merosot setelah duduknya dipindah ke kursi di barisan belakang. Jangan-jangan si anak tidak bisa melihat jauh. Ini perlu segera diketahui dan diatasi sebelum kondisi mata semakin parah."

Begitu pula bila anak sering mengeluh nyeri kepala dan menghindari pekerjaan yang dekat, seperti membaca atau menulis. "Jangan langsung dicibir. Siapa tahu karena bocah itu tidak bisa melihat dekat, atau karena mengidap buta warna. Oleh sebab itu, segera periksakan ke dokter," urai Zulhafdy.

LAKUKAN RECOVERY
Menyoal hobi anak berlama-lama menonton acara televisi, main play station, atau main game di komputer, diakui Zulhafdy, dapat berakibat buruk bagi penglihatannya. "Bukan apa-apa, sinar ultra violet yang terpapar dari layar monitor televisi bisa membahayakan mata," katanya.

"Meski kadar sinar ultra violet dari layar televisi terbilang ringan, namun bila berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu lama, pada akhirnya dapat merusak retina mata. Risikonya, bisa mengurangi ketajaman penglihatan, lho," ujar Zulhafdy. Sinar ultra violet, bila mengenai kulit saja bisa dirusak apalagi mengenai mata. "Contoh ekstrim, cobalah melihat sinar las. Dalam semenit saja dapat membuat pandangan mata menjadi gelap. Hal ini disebabkan banyaknya sel retina yang rusak."

Untuk mengurangi dampak buruk sinar ultra violet pada mata, Zulhafdy menganjurkan agar orang tua selalu memastikan jarak anak dari televisi minimal 3 kali panjang diagonal layar televisi. "Pastikan pula bahwa tampilan gambar di layar senantiasa tajam dan pancaran cahaya dari layar harus lembut."

Diajurkan pula untuk mengistirahatkan mata sedikitnya 5 menit pada setiap 30 menit menonton televisi atau main play station. Masa istirahat itu dimanfaatkan untuk melihat yang jauh, seperti melihat ke luar jendela atau ke luar rumah.

Tujuannya untuk recovery bagi sel-sel retina mata yang rusak akibat terpapar sinar ultra violet, alias mengembalikan mata ke kondisi seimbang. "Setelah lima menit biasanya kondisi mata sudah segar kembali karena sel-sel retina yang rusak sudah diganti dengan sel-sel baru," tandas Zulhafdy.

Memberi kesempatan istirahat pada mata juga memberi manfaat lain. Dikatakan Zulhafdy, Mereka yang bekerja di depan layar komputer selama 8 jam dengan diselingi istirahat selama 10 menit setiap jam terbukti lebih akurat dari mereka yang bekerja 4 jam secara terus-menerus. "Saya sudah sering membuktikannya," ujarnya.

Menyoal masa recovery seyogianya dengan melihat yang hijau, kata Zulhafdy, tidak ada yang mengharuskan warna hijau. "Memang warna hijau terasa lembut di mata, namun yang terpenting selama recovery adalah memberi kesempatan mata memandang sejauh mungkin untuk mengembalikan kondisi mata menjadi segar kembali."

TIDAK RILEKS
Berbeda dengan kebiasaan membaca buku. Kata Zuhafdy, karena tidak ada paparan sinar ultra violet, sehingga tidak perlu melarang anak membaca buku selama mungkin. "Hanya saja, posisi tubuh saat membaca buku seyogianya duduk dalam posisi rileks dan di bawah cahaya penerangan yang cukup pula, tidak terlalu silau apalagi terlalu gelap," katanya. Untuk tujuan agar mata tetap rileks saat membaca, dianjurkan agar jarak mata dengan bacaan sekitar 30 cm. "Jarak tersebut merupakan rata-rata, dimana posisi mata saat membaca dalam kondisi rileks."

Dengan alasan posisi mata rileks pula, sehingga Zulhafdy tidak menganjurkan membaca sambil tiduran. "Posisi tidur membuat otot bola mata akan menarik bola mata ke arah bawah supaya mata bisa melihat ke arah bawah. Ini berarti otot bola mata tidak rileks lagi. Demikian sebaliknya, kalau mata melihat ke atas," ujar Zulhafdy sambil mencontohkan.

"Bagi mereka yang mata normal, posisi membaca sambil tidur mungkin tidak berpengaruh pada mata. Paling-paling membuat kepala terasa nyeri, sehingga tidak tahan lama membaca. Bandingkan, seandainya membaca dengan posisi duduk. Bisa tahan berjam-jam," kata Zulhafdy. Sebaliknya, bagi mereka dengan mata minus maupun mata plus, posisi membaca sambil tiduran akan mempercepat kerusakan mata, semisal, pertambahan minus relatif lebih cepat. "Oleh sebab itu, jangan biasakan membaca sambil tiduran," kata Zulhafdy sekali lagi.

SENAM MATA KURANGI KETEGANGAN
Tanpa kita sadari, kadang kita "menyiksa" mata kita sendiri. Misalnya, kita sudah delapan jam memelototi angka-angka atau huruf di layar komputer. Atau memakai lensa mata delapan jam perhari. "Penyiksaan" lain yang sering tidak kita sadari adalah membaca sambil tiduran di bawah lampu yang tidak cukup terang. Melihat kebiasaan buruk itu, tak heran semakin banyak orang bermasalah dengan mata.

KLIK - Detail Kebiasaan-kebiasaan buruk di atas membuat otot-otot di sekeliling mata menjadi kaku dan menekan bola mata, mengubah bentuknya serta menghambat sirkulasi. Akibatnya, mata menderita rabun jauh atau dekat. Ketegangan otot di kelopak mata juga dapat mengakibatkan pergeseran bola mata. Lebih gawat lagi, bisa berakibat katarak.
Salah satu cara mereduksi ketegangan otot mata adalah melakukan latihan sebagai berikut:

1. Pijat daerah bawah kedua mata menggunakan jari tengah.

2. Tekan sedikit dan rasakan otot-otot mata yang kaku.

3. Latihan ini bisa memberikan energi baru bagi mata. Tetapi ingat, jika baru pertama kali mencoba, jangan terlalu berlebihan melakukan latihan ini, karena dapat menyebabkan nyeri kepala.

4. Kemudian, beralih pada tulang atas mata. Berikan pijatan beberapa kali. Anda bisa menggunakan ibu jari untuk bagian ini.

5. Pijat bagian urat-urat yang kaku di bagian atas mata dekat hidung, lalu arahkan ke sudut mata dan pijat perlahan. Lakukan latihan ini pada kedua mata. Lalu pindah ke otot-otot di bagian atas alis.

Memijat bagian yang kaku di sekeliling mata diyakini dapat membantu memperbaiki kondisi bola mata yang telalu menonjol. Juga mata yang sakit, sensitif terhadap cahaya, atau mata yang terlalu sipit.

Gunakan Telapak Tangan.
Cara lain untuk meredakan kelelahan mata adalah dengan menggunakan telapak tangan. Caranya, letakan telapak tangan di masing-masing mata, lalu silangkan jari-jari kedua tangan satu sama lain. Setelah kedua mata tertutup oleh telapak tangan dan tak ada cahaya yang masuk melalui sela-sela jari, biarkan mata terbuka. Tahan posisi itu beberapa saat dan pastikan, Anda benar-benar melihat kegelapan. Lakukan ini beberapa kali sehari.

KLIK - DetailGerakan Mata
Melatih gerakan mata bisa dilakukan dengan tiga cara:

1. Menggerakkan Mata.
Cari posisi duduk menghadap tepat ke dinding. Dari tempat duduk Anda, pandang suatu titik sebagai pusat pandang yang menjadi titik awal. Lalu perlahan-lahan arahkan bola mata ke kiri sejauh mungkin tanpa harus menggerakkan kepala. Lalu arahkan lagi ke posisi titik awal. Ulangi gerakan tadi ke arah kanan dan kembalikan ke posisi semula.

Kemudian, arahkan bola mata ke atas perlahan-lahan dan kembalikan ke titik awal. Lakukan hal serupa ke arah bawah. Yang harus diperhatikan adalah pastikan kepala selalu tegak dan Anda selalu mengarahkan mata kembali ke titik awal sebelum melakukan gerakan yang lain. Jika belum terbiasa, jangan melakukan tergesa-gesa karena bisa mengakibatkan sakit kepala. Bagi pemula, lakukan gerakan ini sekali dalam sehari. Jika sudah terbiasa, lakukan latihan sekitar 10 kali perhari.

2. Memutar Bola Mata
Latihan berikutnya, memutar bola mata. Seperti latihan tadi, mula-mula arahkan bola mata ke kiri, sejauh yang Anda mampu. Lalu putar ke kanan, ke atas, ke bawah, dan kembali ke posisi kiri. Lakukan latihan ini, awalnya sekali dalam sehari secara perlahan.

3. Latihan Objek Mata
Anda juga bisa berlatih dengan melihat objek yang sangat jauh, lalu alihkan pandangan ke objek yang sangat dekat dengan mata. Untuk objek yang dekat pilih objek berwarna hijau, tetapi tidak terlalu terang. Pasalnya, warna hijau bisa menyejukkan mata yang kelelahan. Sebelum istirahat di malam hari, cobalah buka mata lebar-lebar dan basuh ke dalam air yang mengalir. Lakukan 12 kali, gunanya untuk membersihkan mata setelah seharian beraktivitas.

Ginjal Mempengaruhi Mata
Ahli refleksi percaya bahwa penyakit ginjal dapat mempengaruhi keadaan mata. Jika ingin mata Anda jernih dan terang, ada baiknya menstimulasi ginjal dengan cara memijat titik-titik di telapak tangan atau di telapak kaki yang berkaitan dengan ginjal.

Anda juga bisa memijit daerah di antara dua jari kaki. Ini berfungsi untuk memelihara kesehatan mata. Alhasil, tanpa mengeluarkan biaya pun, Anda pun bisa melakukan perawatan mata.

Sumber : www.husada.co.id
»»  READMORE...

Cara Mengobati Mata Minus Layak Anda Coba

Apakah anda menderita rabun jauh?? Dan sudah sejak dulu hidup anda tergantung pada kaca mata???

Pernahkah anda berpikir untuk memiliki mata normal seperti sedia kala? Dan terbebas dari suatu benda bernama kacamata?

Sangat banyak orang yang berpendapat bahwa memiliki mata minus memang menyusahkan. Anda tak bisa lepas dari kacamata. Apalagi bagi penderita penyakit miopi (rabun jauh) dengan kadar minus yang tinggi. Saat belajar di kelaspun, anda tidak akan bisa membaca tulisan di papan tulis apabila kacamata anda tertinggal di rumah. Sangat menyiksa bukan?
Mengobati mata minus, Obat Mata Minus, Mata Minus,

Apakah anda ingin terlepas dari ketergantungan menggunakan kacamata dan memiliki mata yang normal kembali? Hal itu sangat mungkin dilakukan. Karena ada suatu tanaman yang berasal dari daratan papua, yang dapat menyembuhkan mata minus. Tanaman ini bernama Barringtonia asiatica Kurz. Atau lebih dikenal dengan keben. Keben merupakan pohon berkayu lunak, dan berdiameter sekitar 50 cm dengan ketinggian 4 hingga 16 meter. Sistem perakarannya banyak dan sebagian tergenang di air laut ketika pasang dan memiliki banyak percabangan yang terletak di bagian bawah batang mendekati tanah. Bentuk daunnya besar, mengkilap dan berdaging. Daun mudanya berwarna merah muda dan akan berubah menjadi kekuningan setelah tua.

Di papua buah keben disebut rabon pi.Bagian luarnya terdiri dari kulit berserabut. Sedangkan didalamnya terdapat tempurung, di dalam tempurung terdapat sebutir biji yang keras, berlendir dan berwarna putih. Besar buah keben seukuran genggaman tangan orang dewasa, berwarna hijau ketika muda dan akan menjadi kecokelatan setelah tua dan kering. Sedangkan ukuran bunganya sekitar 16 cm, berwarna putih dengan benang sari berwarna merah muda.

Siapakah yang pertama memnggunakan biji dan buah keben sebagai tetes mata untuk mengobati penyakit mata???

Dialah Heinrich. Pada akhir tahun 2002, ia menemukan manfaat buah dan biji keben ini untuk mengobati berbagai macam penyakit pada mata. Mulai dari rabun jauh, rabun dekat, silindris, hingga katarak. Pertama kali, ia menguji coba tetes mata ini pada matanya sendiri. Kebetulan ia menderita hipermetropi plus 4. Setelah ditetesi sebanyak 20 kali, masing-masing 2 tetes, setiap 2 hari sekali, ia merasa ada perbaikan. Dan saat ia memeriksakan matanya, ternyata hipermetropia nya menjadi plus 2. Obat tetes mata ini tidak mengandung efek samping, hanya setelah penetesan, mata anda akan terasa perih 15-30menit.

Senyawa apa saja yang terkandung dalam buah keben???
Greshoff, seorang peneliti dari Belanda menemukan zat-zat seperti saponin beracun di dalam biji. Selain saponin, buah dan biji keben juga mengandung asam galat; asam hidrosianat yang terdiri dari monosakarida; serta triterpenoid yang terdiri dari asam bartogenat, asam 19-epibartogenat, dan asam anhidro-bartogenat.

Senyawa aktif dalam biji buah ini, yang diduga kuat memiliki efek penyembuhan dalam pengobatan mata adalah dari golongan saponin. Beberapa jenis saponin telah berhasil diidentifikasi. Saponin yang berasal dari buah keben merupakan saponin jenis baru. Dengan kandungan senyawa tersebut buah keben telah dilaporkan memiliki banyak aktivitas farmakologis seperti anti bakteri, anti jamur, analgesik, dan anti tumor.

Terapi mata minus (miopi)
Pengalaman empiris membuktikan bahwa obat tetes mata keben dapat menghilangkan kelainan mata minus dan silindris secara permanen 100% pada anak-anak yang belum memasuki masa puber. Untuk orang dewasa, obat tetes ini dapat menurunkan mata minus dan silindris hingga 75%. Mekanisme kerja ekstrak biji keben dalam mengoreksi mata minus dan silindris masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Dugaan sementara adalah bahwa ekstrak biji keben dapat menyegarkan saraf-saraf optik mata yang sudah lemah, sehingga mata yang minus dan silindris dapat menjadi normal kembali.

Selama proses pengobatan, penurunan minus akan terjadi secara progresif. Karena itu, kacamata yang sudah tidak cocok karena minusnya atau silindrisnya berkurang sebaiknya tidak dipaksakan untuk dipakai terus. Penggantian kacamata dapat dilakukan bila sudah tidak ada penurunan angka minus. Untuk memonitor penurunannya, penderita disarankan untuk memeriksakan matanya ke dokter secara berkala sebulan sekali.

Waktu yang diperlukan untuk menyembuhkan miopi tergantung pada beberapa faktor, terutama besarnya minus, usia penderita, dan ada atau tidaknya penyakit diabetes. Dari pengalaman empiris yang sudah ada, melalui pengawasan dokter, setelah dilakukan 10—12 penetesan, minusnya berkurang 0,5. Selanjutnya secara progresif, minus akan menurun hingga mencapai angka minus tertentu atau sembuh total. Penetesan dilakukan setiap 2 hari sekali, masing-masing mata 2 tetes. Sebagai contoh, bila seseorang menderita minus 2, setelah 20—24 hari minusnya akan menurun sebesar 0,5 sehingga menjadi 1,5 dan akan sembuh total setelah 40—48 penetesan atau diperlukan waktu sekitar 3 bulan.

Jadi, untuk yang ingin terbebas dari kacamata, silahkan mencoba^^
»»  READMORE...

Cara Menjaga Mata Minus yang Baik

Jakarta Sampai beberapa tahun kehidupan, bola mata kita terus berkembang. Pada mata yang minus, bola mata memanjang. Sehingga untuk membantu mempertajam penglihatan diperlukan kacamata minus. Begitu juga pada mata positif. Cara kerja mata kita bagaikan lensa. Jika kita terlalu banyak memaksakan mata untuk melihat dalam keadaan gelap atau jauh maka mata akan berakomodasi terus. Semakin sering mata berakomodasi semakin memperlambat kerja penglihatan. Hal itu tentu bisa menyebabkan mata minus ataupun positif. Untuk tidak memperparah mata minus Anda, perhatikan tips berikut ini. 1.
Mata Minus, merawat mata, Obat Mata Minus, Terapi Mata Minus,
Cara termudah untuk menjaga agar mata minus tak kian bertambah adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lutein. Lutein banyak terkandung pada sayuran berwarna hijau. Lutein sangat diperlukan retina sebagai filter terhadap sinar biru yang toksik terhadap makula retina mata. Selain itu ada baiknya Anda juga mengkonsumsi makanan bervitamin A dan beta karoten seperti wortel dan ubi. Banyak-banyaklah konsumsi sayuran, selain Anda mendapatkan manfaatnya bagi mata baik juga untuk tubuh dan kulit kan? 2. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah minus pada mata bertambah. Salah satunya adalah selalu mencek kondisi mata Anda. Kendati Anda tak merasakan adanya masalah pada mata, tak adal salahnya sesekali memeriksakannya ke dokter. Akan lebih mudah jika bisa diketahui lebih dini.


3. Kendalikan kondisi kesehatan yang bisa berdampak pada penglihatan. Seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Segera tangani penyakit Anda. 4. Lindungi dengan kacamata. Mata minus sebaiknya selalu terlindungi dari radiasi sinar UV. Pilih kacamata yang tepat dengan kualitas baik. Kacamata ini akan semakin penting artinya saat Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau TV. Ataupun saat Anda tangah mengkonsumisi obat yang meningkatkan kepekaan mata kita terhadap radiasi sinar UV. 5. Sering-sering mengistirahatkan mata Anda. Kendati hal ini tak akan mengurangi minus pada mata Anda, setelah berjam-jam duduk di depan komputer cobalah melihat pemandangan lain. Jangan terlalu memfokuskan mata pada komputer terlalu lama. 6. Yang tak kalah harus diperhatikan adalah penerangan yang cukup. Jangan memaksakan diri membaca dalam gelap atau cahaya yang remang-remang. Sebaiknya juga jangan menonton TV di malam hari dengan lampu mati. Gunakan penerangan yang cukup untuk membantu mata Anda menguasai objek yang ingin dilihat.(yla/)
»»  READMORE...

Cara Menyembuhkan Mata Minus


dok..aku mau nanya nih mata ku minnya dah kiri 8 kanan 9 gmana ya dok bisa di obatin gak ya ? thank ya dok..
devi, 26 tahun
mata minus, mata minus bisa  sembuh, mata minus melahirkan normal, mata minus pada anak, mata minus  melahirkan, mata minus tidak bisa melahirkan, mata minus sembuh, mata  minus slinder, mata minus 1 4, obat mata minus

Jawaban :
Dear ananda Devi, Sebelumnya kami, tim konsultasi kesehatan mediasehat.com, meminta maaf atas keterlambatan jawaban pertanyaan ananda. Wah... nilai minus kedua mata ananda sudah cukup tinggi. Apakah ananda sudah menderita minus ini sejak kecil ? Bagaimana dulunya sampai ananda menderita mata minus ? Dan apakah tidak melakukan perawatan, seperti memakai kacamata atau kontak lens dengan koreksi minus, selama ini ? Atau mungkin ananda punya kebiasaan buruk, seperti suka membaca di cahaya lampu param atau membaca terlalu dekat atau suka berlama-lama di depan komputer atau TV, sehingga nilai minus ananda ini makin bertambah, walaupun misalnya ananda sudah memakai kacamata. Kalau ananda berpikir mengkonsumsi banyak vitamin A ataupun obat-obatan mata di saat mata sudah minus dengan harapan minus bisa dikurangi atau bahkan disembuhkan, dengan sangat menyesal itu tidak mungkin terjadi, apalagi dengan nilai negatif yang sudah tinggi seperti ananda ini. Konsumsi banyak vitamin A ini sebenarnya bisa mencegah seseorang menderita masalah penglihatan dan bisa mencegah makin memburuknya keadaan untuk seseorang yang sudah punya masalah penglihatan. Tapi perlu ditekankan di sini, pencegahan akan benar-benar efektif ketika seseorang benar-benar menghindari tindakan-tindakan yang bisa menyebabkan masalah pada penglihatan, seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya di atas. Tapi untuk sembuh secara permanen untuk masalah mata ini antara lain dengan operasi menggunakan sinar laser pada mata minus yaitu dengan 2 metode, yaitu : PRK (photorefractive keratectomy) dan LASIK (Laser in-situ keratomileusis). Disebutkan bahwa dengan teknik LASIK akan mendapatkan hasil akhir yang lebih stabil, dengan tehnik menyayat kornea kemudian dilaser setelah itu ditutup kembali. Kadang pada prosedur laser ini, untuk jangka panjang, bisa terjadi kekeruhan dari kornea (selaput bening mata) yang disebut sebagai HAZE. Dengan teknik LASIK, haze tersebut jarang terjadi. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dapat dipertimbangkan untuk menjalani tindakan LASIK pada penderita kelainan refraksi Yang terpenting diantaranya adalah: - Pasien harus mengerti tentang maksud, tujuan, baik dan buruknya tindakan LASIK ini. - Pasien harus berumur diatas 18 tahun. - Refraksi mata pasien harus telah stabil dalam kurun waktu satu tahun terakhir. - Pasien sudah tidak memakai soft contact lens minimal selama 14 hari berturut-turut, atau sudah tidak memakai hard contact lens selama 30 hari berturut-turut. - Bagian mata yang lain harus sehat - Pasien harus bersedia diperiksa ulang (kontrol) beberapa hari setelah tindakan LASIK tergantung pada dokter anda Di Jakarta telah ada Jakarta Eye Center untuk penanganan segala masalah mata. Sampai saat ini Jakarta Eye Center sudah mengerjakan LASIK ± 7000 kasus. Mengenai persentase keberhasilan tindakan LASIK dapat dilihat melalui pemeriksaan awal yang harus dilakukan, dan tergantung juga dari kondisi mata anda baik itu ketebalan kornea dan refraksi mata ananda, makin tinggi refraksi mata ananda makin dibutuhkan kornea yang tebal untuk mendapatkan hasil maksimal. Sebagaimana ananda ketahui, semua tindakan kedokteran mempunyai efek samping. Dalam tindakan LASIK, efek samping nyaris tidak ada. Hanya kadang-kadang timbul rasa sakit dalam proses penyembuhan yang berlangsung sehari. Rasa sakit ini dapat diatasi dengan obat-obatan penghilang rasa sakit (analgetik). Yang jarang terjadi adalah: - Kelebihan koreksi (Over Correction) - Kekurangan koreksi (Under Correction) - Regresi, artinya kelainan refraksi timbul kembali walaupun ringan dan ini biasanya terjadi pada penderita Miopia tinggi. Hal ini dapat dikoreksi dengan tindakan LASIK ulangan beberapa bulan kemudian. LASIK boleh dikerjakan sekaligus 2 mata, jadi kedua mata ananda bisa ditangani dengan satu kali tindakan operasi. Kami pernah buka website Jakarta Eye Center ini, dikatakan bahwa LASIK hanya dikerjakan pada hari Rabu, Kamis dan Jumat. Agar tidakan LASIK dapat segera dilakukan sebaiknya ananda datang untuk pemeriksaan awal sebelum hari yang telah disebutkan diatas, dengan memperhatikan syarat-syarat calon pasien LASIK. Proses penyembuhan membutuhkan waktu 1-2 hari. Di Eye Center ini terhimpun dokter-dokter Spesiali Mata yang telah ahli dalam prosedur LASIK, jadi tidak perlu khawatir, ananda akan ditangani oleh tangan yang benar. Perkiraan biaya untuk tindakan LASIK 2 mata yaitu Rp. 16.000.000,- ( enam belas juta rupiah ) biaya ini diluar biaya konsultasi, pemeriksaan penunjang dan obat setelah tindakan LASIK. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi website jakarta eye center ini di alamat http://www.jakarta-eye-center.com/indonesia/default.asp Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.

Sumber: http://mediasehat.com

»»  READMORE...

Cara Mempertajam Mata

Mata yang sehat dan indah sayang jika harus terhalang oleh kacamata. Penyakit mata yang memiliki keterbatasn jarak pandang cukup mengganggu. Penggunaan lensa kontak pun tak selamanya baik. Apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk membantu penglihatan lebih jelas?

Anda mungkin menjadi salah satu orang yang mengalami gangguan pada mata. Harus menggunakan alat bantu jika ingin melihat jarak jauh. Saat ini pun tak sedikit anak-anak yang menggunakan kacamata untuk melihat. Tak hanya karena faktor usia saja orang megngunakan kacamata tapi juga karena retina mata yang tak lagi menangkap bayangan dengan semestinya.

Rusaknya mata karena faktor usia biasa disebut dengan AMD atau Age-Related Macular Degenariton, atau menurunnya kemampuan melihat. AMD mulai terjadi saat makula tengah retina mata mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan “blind spot”. Yang makin lama makin membesar dan menyebabkan Anda akan mengalami gangguan dalam membaca, bahkan melihat saat mengendarai kendaraan. Dan AMD adalah salah satu penyebab kebutaan pada orang-orang di usia 60 tahun keatas.

AMD pun tak menutup kemungkinan menyerang mereka di usia yang jauh lebih muda. Namun, perkembangan AMD dapat dicegah atau setidaknya diperlambat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya gizi dan bernutrisi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga mata Anda terhindar dari terserang AMD :

1. Perbanyak Antioksidan

Saat ini makin banyak makanan yang selalu dipromosikan mengandung antioksidan. Antioksidan memang sangat baik untuk tubuh, selain mencegah terjadinya kanker, ternyata antioksidan juga dapat memperlambat laju pertumbuhan AMD. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C tinggi seprti buah Kiwi, jeruk dan juga brokoli, Vitamin E dalamminyak nabati, kacang-kacangan, dan alpukat, dan lutein dan zeaxanthin-gizi yang berlimpah dalam sayuran hijau gelap, seperti bayam. Lutein dan zeaxanthin dapat juga bertindak seperti kacamata hitam alami, membantu untuk membentuk pigmen makula yang menyaring sebagian sinar matahari yang merusak.

2. Konsumsi Telur

Kuning telur juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, tapi banyak orang menghindari telur karena khawatir akan terserang kolesterol. Penelitian yang dipimpin oleh Thomas Wilson, Ph.D., associate professor dengan Pusat Penelitian Kesehatan dan Penyakit di University of Massachusetts-Lowell, menunjukkan ketika orang makan telur secara teratur-sebanyak dua hari berturut-turut secara signifikan meningkatkan tingkat lutein dan zeaxanthin yang beredar di tubuh mereka tanpa meningkatkan LDL ( “buruk”) kadar kolesterol. Kecuali kalau Anda memang mempunyai masalah dengan kadar kolesterol sejak awal.

3. Teliti Memilih Makanan

Baru-baru ini, sebuah studi yang melibatkan lebih dari 88.000 orang peserta membuktikan kalau mengkonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3 seprti salmon, sarden, mackarel, haring, dan jug atrout ternyata memperlambat laju pertumbuhan AMD daripda mereka yang tidak mengkonsumsi. Asam lemak Omega 3 yang terdapat dalam ikan merupakakan komponen kunci dari sel-sel saraf mata, begitu yang dijelaskan oleh Elaine Chong, Ph.D seorang peneliti di the Centre for Eye Research at the University of Melbourne, Australia. Jadi berkomitmen untuk makan lebih banyak lemak ikan, dan jangan berhenti di situ: kerang, seperti kerang dan kepiting juga cukup bisa membantu mencegah berkembangnya AMD.

4. Suplemen

Kalau sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, makanan tambahan pun tetap diperlukan. Nutrisi yang terkandung dalam suplemen dapat membantu mengurangi resiko AMD secara signifikan. Jika Anda memiliki kecenderungan terkena AMD coba saja ikuti rumus suplemen mata berikut. Rumus suplemen saat ini sedang diteliti dalam percobaan penelitian utama meliputi 10 mg lutein (setara dengan sekitar 3 cangkir bayam), 2 miligram zeaxanthin dan 1 gram total EPA dan DHA (kira-kira apa yang Anda dapatkan dalam 3-ons porsi salmon). Sampai penelitian lebih lanjut dalam, tidak ada keuntungan melebihi jumlah tersebut. Ingatlah untuk mengambil hanya di bawah pengawasan medis, bahkan meskipun suplemen ini tersedia di atas meja, dosis tinggi nutrisi apapun harus selalu didekati dengan hati-hati.

5. Selalu Menjaga Tekanan Darah dan Berat Badan

Orang yang memiliki tekanan darah tingi memiliki kecenderungan terkena AMD lebih besar, menurut Amercan Academy of Opthalmology. orang dengan tekanan darah yang tinggi dapat menghalangi aliran darah ke mata, sehingga sulit untuk nutrisi mencapai retina mata. Lemak tubuh adalah gudang penyimpanan utama bagi nutrisi yang larut dalam lemak, dan kelebihan jaringan lemak dapat bertindak sebagai nutrisi pelindung mata, membuat mereka kurang tersedia di makula.

Sumber : Koranbaru.com
»»  READMORE...

Tips Merawat Mata Minus Dengan Mudah

Sampai beberapa tahun kehidupan, bola mata kita terus berkembang. Pada mata yang minus, bola mata memanjang. Sehingga untuk membantu mempertajam penglihatan diperlukan kacamata minus. Begitu juga pada mata positif. Cara kerja mata kita bagaikan lensa. Jika kita terlalu banyak memaksakan mata untuk melihat dalam keadaan gelap atau jauh maka mata akan berakomodasi terus. Semakin sering mata berakomodasi semakin memperlambat kerja penglihatan. Hal itu tentu bisa menyebabkan mata minus ataupun positif. Untuk tidak memperparah mata minus Anda, perhatikan tips berikut ini.

1. Cara termudah untuk perawatan mata minus tak kian bertambah adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lutein. Lutein banyak terkandung pada sayuran berwarna hijau. Lutein sangat diperlukan retina sebagai filter terhadap sinar biru yang toksik terhadap makula retina mata. Selain itu ada baiknya Anda juga mengkonsumsi makanan bervitamin A dan beta karoten seperti wortel dan ubi. Banyak-banyaklah konsumsi sayuran, selain Anda mendapatkan manfaatnya bagi mata baik juga untuk tubuh dan kulit kan?

2. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah minus pada mata bertambah. Salah satunya adalah selalu mencek kondisi mata Anda. Kendati Anda tak merasakan adanya masalah pada mata, tak adal salahnya sesekali memeriksakannya ke dokter. Akan lebih mudah jika bisa diketahui lebih dini.

3. Kendalikan kondisi kesehatan yang bisa berdampak pada penglihatan. Seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Segera tangani penyakit Anda. Lakukan juga perawatan mata.

4. Lindungi dengan kacamata. Mata minus sebaiknya selalu terlindungi dari radiasi sinar UV. Pilih kacamata yang tepat dengan kualitas baik. Kacamata ini akan semakin penting artinya saat Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau TV. Ataupun saat Anda tangah mengkonsumisi obat yang meningkatkan kepekaan mata kita terhadap radiasi sinar UV.

5. Sering-sering mengistirahatkan mata Anda. Kendati hal ini tak akan mengurangi minus pada mata Anda, setelah berjam-jam duduk di depan komputer cobalah melihat pemandangan lain. Jangan terlalu memfokuskan mata pada komputer terlalu lama.

6. Yang tak kalah harus diperhatikan adalah penerangan yang cukup. Jangan memaksakan diri membaca dalam gelap atau cahaya yang remang-remang. Sebaiknya juga jangan menonton TV di malam hari dengan lampu mati. Gunakan penerangan yang cukup untuk membantu mata Anda menguasai objek yang ingin dilihat.

Sumber :kitm.indonesianforum.net

»»  READMORE...

Mata Minus Dapat Disembuhkan Dengan Daun Sirih

SALAH satu gangguan pada mata yang harus diwaspadai sejak dini adalah miopia. Gangguan itu pada umumnya terjadi pada usia anak-anak sampai remaja. Untuk mengatasi atau menyembuhkannya, selain dengan cara medis, Anda bisa menggunakan daun sirih.

Miopia adalah istilah kedokteran untuk rabun jauh. Suatu keadaan di mana mata mampu melihat objek yang dekat, tetapi kabur jika melihat objek yang jauh. Secara termonologis, "myopia" berasal dari bahasa Yunani yang berarti menyipitkan mata. Penderita kelainan ini selalu menyipitkan mata untuk melihat lebih jelas objek yang jauh letaknya. Itulah salah satu karakteristik utama penderita miopia.
mata minus, mata minus bisa  sembuh, mata minus melahirkan normal, mata minus pada anak, mata minus  melahirkan, mata minus tidak bisa melahirkan, mata minus sembuh, mata  minus slinder, mata minus 1 4, obat mata minus

Menurut Dewi Safitri, ahli pengobatan mata dengan terapi daun sirih ini, ciri khas perkembangan miopia adalah kelainan yang terus meningkat hingga usia remaja, kemudian menurun pada usia dewasa muda. Walaupun agak jarang, miopia dapat pula disebabkan oleh perubahan kelengkungan kornea atau oleh kelainan bentuk lensa mata.

Lazimnya, miopia terjadi karena memanjangnya sumbu bola mata, sehingga mata berbentuk bulat telur. Pemanjangan sumbu ini menyebabkan media refraktif sulit memfokuskan berkas cahaya. Sejalan dengan memanjangnya sumbu bola mata, derajat miopia bertambah. Pada usia anak-anak sampai remaja, proses pemanjangan bola mata dapat merupakan bagian dari pertumbuhan tubuh. Pertambahan derajat miopia membutuhkan kacamata yang kian berat derajat kekuatannya. Karena itu, penderita, penderita pada usia 20-40 tahun dianjurkan melakukan pemeriksaan setiap 6 bulan.

Gejala-gejala

Pada rabun jauh (miopia, mata minus), sumbu mata terlalu cembung, sehingga bayangan benda jatuh di depan retina. Akibatnya, benda yang jauh tidak terlihat jelas. Tanpa kacamata, penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala dan nyeri pada mata.

Gejalanya adalah kepala nyeri berdenyut terutama bagian depan, bola mata perih dan berat, terasa seperti mau keluar dan air mata meleleh berlebihan. Keadaan ini biasanya membaik bila mata diistirahatkan atau dengan minum obat antinyeri. Tapi sering kali kambuh beberapa waktu kemudian.

Apakah miopia dapat menyebabkan sakit kepala? Miopia memang bisa menyebabkan sakit kepala. Untuk seorang penderita miopia, pada saat melihat miopia, pada saat melihat jauh, bayangan jatuh di depan retina sehingga mengurangi kecembungan lensa. Perubahan kecembungan ini dinamakan kemampuan akomodasi mata. Mata yang berakomodasi terus-menerus dalam waktu yang lama akan menimbulkan kelelahan. Kelelahan mata inilah yang mencetuskan nyeri kepala dan nyeri pada mata.

Terapi Daun Sirih

Mengapa daun sirih? Tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit. Dalam farmakologi China, sirih dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. Mereka menggunakan daun sirih untuk meluruhkan kentut, menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan menghilangkan gatal. Di India daun sirih dikenal sebagai zat aromatik yang menghangatkan, bersifat antiseptik, dan bahkan meningkatkan gairah seks.

Menurut Dewi, daun sirih mengandung minyak atsiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, fungisida, dan antijamur. Daun sirih mengandung zat antijamur. Daun sirih mengandung zat antiseptik pada seluruh bagiannya.

Untuk mengetahui penyakit yang diderita oleh si pasien, biasanya terlebih dahulu Dewi mengoleskan telapak tangan kirinya dengan minyak kasturi. Di sinilah letak keistimewaan Dewi. Ia bisa mengetahui berbagai penyakit pasien dengan melihat telapak tangannya sendiri. Itulah cara Dewi mendiagnosa penyakit pasien.

Setelah itu baru ia melakukan pengobatan. Yang pertama dilakukan oleh Dewi adalah menotok saraf di area mata. "Mata itu kan melingkar, jadi harus hati-hati," ungkapnya. Kemudian ia memberikan beberapa lembar daun sirih untuk pengobatan di rumah. Daun sirih dilipat menjadi empat bagian. Bagian yang berbentuk tulang berada di luar. Setelah itu, daun sirih ditempel di mata dengan hansaplast dan biarkan selama semalam. Ini untuk mengangkat kotoran yang ada pada mata.

Dewi juga memberikan obat racikan yang sudah dibentuk menjadi kapsul. "Kalau berbentuk jamu, biasanya orang akan malas untuk minum. Makanya Ibu racik menjadi kapsul," ungkapnya.

Sumber: lifestyle.okezone.com
»»  READMORE...

Terapi dan Obat Mata Tradisional

Sangat banyak orang yang berpendapat bahwa memiliki mata minus memang menyusahkan. Anda tak bisa lepas dari kacamata. Apalagi bagi penderita penyakit miopi (rabun jauh) dengan kadar minus yang tinggi. Saat belajar di kelas pun, anda tidak akan bisa membaca tulisan di papan tulis apabila kacamata anda tertinggal di rumah. Sangat menyiksa bukan?

Apakah anda ingin terlepas dari ketergantungan menggunakan kacamata dan memiliki mata yang normal kembali? Hal itu sangat mungkin dilakukan. Karena ada suatu tanaman yang berasal dari daratan papua, yang dapat menyembuhkan mata minus. Tanaman ini bernama Barringtonia asiatica Kurz. Atau lebih dikenal dengan keben. Keben merupakan pohon berkayu lunak, dan berdiameter sekitar 50 cm dengan ketinggian 4 hingga 16 meter. Sistem perakarannya banyak dan sebagian tergenang di air laut ketika pasang dan memiliki banyak percabangan yang terletak di bagian bawah batang mendekati tanah. Bentuk daunnya besar, mengkilap dan berdaging. Daun mudanya berwarna merah muda dan akan berubah menjadi kekuningan setelah tua.

Di papua buah keben disebut rabon pi.Bagian luarnya terdiri dari kulit berserabut. Sedangkan didalamnya terdapat tempurung, di dalam tempurung terdapat sebutir biji yang keras, berlendir dan berwarna putih. Besar buah keben seukuran genggaman tangan orang dewasa, berwarna hijau ketika muda dan akan menjadi kecokelatan setelah tua dan kering. Sedangkan ukuran bunganya sekitar 16 cm, berwarna putih dengan benang sari berwarna merah muda.

Siapakah yang pertama menggunakan biji dan buah keben sebagai tetes mata untuk mengobati penyakit mata???

Dialah Heinrich. Pada akhir tahun 2002, ia menemukan manfaat buah dan biji keben ini untuk mengobati berbagai macam penyakit pada mata. Mulai dari rabun jauh, rabun dekat, silindris, hingga katarak. Pertama kali, ia menguji coba tetes mata ini pada matanya sendiri. Kebetulan ia menderita hipermetropi plus 4. Setelah ditetesi sebanyak 20 kali, masing-masing 2 tetes, setiap 2 hari sekali, ia merasa ada perbaikan. Dan saat ia memeriksakan matanya, ternyata hipermetropia nya menjadi plus 2. Obat tetes mata ini tidak mengandung efek samping, hanya setelah penetesan, mata anda akan terasa perih 15-30menit.

Senyawa apa saja yang terkandung dalam buah keben???
Greshoff, seorang peneliti dari Belanda menemukan zat-zat seperti saponin beracun di dalam biji. Selain saponin, buah dan biji keben juga mengandung asam galat; asam hidrosianat yang terdiri dari monosakarida; serta triterpenoid yang terdiri dari asam bartogenat, asam 19-epibartogenat, dan asam anhidro-bartogenat.

Senyawa aktif dalam biji buah ini, yang diduga kuat memiliki efek penyembuhan dalam pengobatan mata adalah dari golongan saponin. Beberapa jenis saponin telah berhasil diidentifikasi. Saponin yang berasal dari buah keben merupakan saponin jenis baru. Dengan kandungan senyawa tersebut buah keben telah dilaporkan memiliki banyak aktivitas farmakologis seperti anti bakteri, anti jamur, analgesik, dan anti tumor.

Terapi mata minus (miopi)
Pengalaman empiris membuktikan bahwa obat tetes mata keben dapat menghilangkan kelainan mata minus dan silindris secara permanen 100% pada anak-anak yang belum memasuki masa puber. Untuk orang dewasa, obat tetes ini dapat menurunkan mata minus dan silindris hingga 75%. Mekanisme kerja ekstrak biji keben dalam mengoreksi mata minus dan silindris masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Dugaan sementara adalah bahwa ekstrak biji keben dapat menyegarkan saraf-saraf optik mata yang sudah lemah, sehingga mata yang minus dan silindris dapat menjadi normal kembali.

Selama proses pengobatan, penurunan minus akan terjadi secara progresif. Karena itu, kacamata yang sudah tidak cocok karena minusnya atau silindrisnya berkurang sebaiknya tidak dipaksakan untuk dipakai terus. Penggantian kacamata dapat dilakukan bila sudah tidak ada penurunan angka minus. Untuk memonitor penurunannya, penderita disarankan untuk memeriksakan matanya ke dokter secara berkala sebulan sekali.

Waktu yang diperlukan untuk menyembuhkan miopi tergantung pada beberapa faktor, terutama besarnya minus, usia penderita, dan ada atau tidaknya penyakit diabetes. Dari pengalaman empiris yang sudah ada, melalui pengawasan dokter, setelah dilakukan 10—12 penetesan, minusnya berkurang 0,5. Selanjutnya secara progresif, minus akan menurun hingga mencapai angka minus tertentu atau sembuh total. Penetesan dilakukan setiap 2 hari sekali, masing-masing mata 2 tetes. Sebagai contoh, bila seseorang menderita minus 2, setelah 20—24 hari minusnya akan menurun sebesar 0,5 sehingga menjadi 1,5 dan akan sembuh total setelah 40—48 penetesan atau diperlukan waktu sekitar 3 bulan.

Sumber: http://www.kulinet.com
»»  READMORE...

Menyembuhkan Mata Dengan Cara Senam Mata

Salah satu organ penting panca indra kita adalah mata. Sayangnya, kesibukan dan rutinitas kerja membuat kita lupa mengolahragakan mata. Olahraga mata artinya menggerakkan mata dengan gerakan tertentu untuk meningkatkan kemampuan mata itu sendiri.

Tujuannya untuk menghindari berbagai gangguan pada mata, seperti penyakit rabun dekat, rabun jauh, mata terasa kabur, mata pedih, dan mata merah. Pola hidup dan pola makan yang keliru juga dapat menimbulkan gangguan pada mata. Pada penderita diabetesi dan hipertensi, kemungkinan terkena katarak, glaukoma, dan retinopati (kerusakan pada selaput jalan mata) bisa saja terjadi.

Hal yang sama dapat memicu timbulnya penyakit pada mata bila Anda sering depresi, stres, atau suka marah. Menjaga dan melatih mata agar selalu sehat sebenarnya tidak sulit. Menurut Oei Gin Djing, akupunturis yang juga praktisi chikung dan prana tinggal di Jakarta, ada cara mudah melatih mata Anda agar tetap dapat melihat indahnya dunia, yakni dengan melakukan senam mata setiap hari.

Senam mata sangat berguna bagi Anda yang sering menggunakan mata saat bekerja, seperti akuntan, ilmuwan, penjahit, pencinta buku, penulis, pelajar, ahli komputer, dan siapa pun yang banyak memanfaatkan matanya. Senam ini bisa dilakukan dalam posisi berdiri, duduk, berbaring, maupun kondisi mata terpejam.

Lebih jauh, kata Oei, senam mata mempunyai banyak manfaat. Contohnya, mengurangi atau menghilangkan penyakit mata, mencegah timbulnya tumor di belakang mata dan di kelenjar hipofisis (pituitari), menghilangkan lingkaran dan bengkak di bawah mata atau menghilangkan kantong mata, mengurangi keriput di sekitar mata, membuat otot mata dan sekitarnya menjadi elastis dan kuat, serta mempertajam penglihatan.

"Sebaiknya sebelum dan setelah melakukan gerakan senam mata, gosok-gosok telapak tangan sampai panas. Kemudian tempelkan telapak tangan di mata selama 2,5 menit," katanya. Gerakan-gerakannya:

1. Kepala tegak lurus ke depan. Arahkan pandangan mata ke atas (langit-langit), kemudian melihat ke lantai. Lakukan gerakan ini secara perlahan-lahan dan mantap 5-10 kali setiap hari.

2. Gerakkan bola mata ke kiri dan ke kanan. Usahakan seperti ingin melihat telinga. Lakukan gerakkan ini sebanyak 5-10 kali setiap harinya.

3. Gerakkan bola mata ke atas. Tahan bola mata di atas. Kemudian gerakkan ke kiri atas dan ke kanan atas. Lakukan gerakkan ini sebanyak 5-10 kali setiap hari.

4. Gerakkan bola mata ke bawah dan tahan di bawah. Kemudian gerakkan bola mata ke kiri bawah dan ke kanan bawah.Lakukan gerakkan ini sebanyak 5-10 kali setiap harinya

5. Gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah pada sudut-sudut yang berlawanan (selang seling), dimulai dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap hari.

6. Gerakkan bola mata seperti pada gerakan sebelumnya, tetapi dimulai dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas.

7. Putar bola mata ke kiri searah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Kemudian, putar bola mata ke kanan, berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Lakukan gerakkan tadi sebanyak 5-10 kali. Catatan: pada saat akan berganti di putaran ke kiri, hentikan dulu dan pejamkan mata selama 5-10 detik.

Sumber: http://www.enformasi.com
»»  READMORE...

Mengobati Mata Minus, Mata Plus Secara Alami

  1. Zooming, adalah latihan melihat/focus dari benda yang jauh ke benda yang dekat, secara bergantian. Misal dengan melihat pensil dengan jarak 15 cm didepan mata dengan objek lain yang jaraknya lebih jauh, misal 4 meter atau lebih.
  2. Palming, adalah menutup mata dengan kedua telapak tangan. Gosok kedua tangan dengan lembut sampai terasa hangat, kemudian letakkan telapak tangan pada mata dalam kondisi terpejam, jangan tekan bola mata, tapi letakan dengan halus pada tulang-tulang sekitar mata.
  3. Latihan dengan Kartu test mata yang jarahnya berjauhan.
  4. Soft focus, sama dengan zooming, hanya saja, selama focus mata tidak boleh berkedip selama 5-25 detik, dan mata tidak terlalu focus, hanya melihat secara santai.
  5. Menguaplah dengan lebar, sampai anda benar-benar merasa rileks.
  6. Dengan bola berayun, coba untuk focus ke bola yang bergerak karena ayunan. Atau bisa diganti dengan bola pingpong/tennis yang sedang dimainkan, atau alternative lain yang serupa.
  7. Pencahayaan, dengan mata tertutup, pandanglah matahari, atau lampu yang cukup terang, sampai mata anda terasa hangat.
  8. Latihan peregangan otot mata, gerakan mata anda kebawah, keatas, tengah samping.
  9. Memijat bagian-bagian kepala yang mempengaruhi mata; bagian bawah alis, pangkal hidung yang diapit oleh 2 mata, 2 sisi kening di ujung alis bagian luar, titik bawah mata (tulang sekitar mata), bahu dekat tengkuk, 2 urat leher di bagian tengkuk.
  10. dll, lebih lengkap silakan baca bukunya ya.. :D
mata minus, mata minus bisa  sembuh, mata minus melahirkan normal, mata minus pada anak, mata minus  melahirkan, mata minus tidak bisa melahirkan, mata minus sembuh, mata  minus slinder, mata minus 1 4, obat mata minus

Tambahan

  1. Sering-seringlah berjemur bawah dimatahari
  2. Sering-seringlah melihat warna-warna alami di luar ruangan
  3. Makanan yang tidak dianjurkan selama masa latihan:

    1. Minuman ber alcohol

    2. Makanan atau minuman yang mengandung kafein

    3. Telor

    4. Gorengan

    5. Buah-buahan

    6. Es krim

    7. Keju

    8. Rokok

    9. Kopi

    10. Susu

    11. Daging merah

    12. Obat-obatan (Selain yang dianjurkan dokter)

    13. Makanan yang mengandung gula.

  4. Olah raga yang dianjurkan:

    1. Aerobic

    2. Bersepeda

    3. Dansa cepat

    4. Jogging

    5. Skating

    6. Jalan kaki

    7. Berenang

    8. Tennis

    9. Selancar

    10. Yoga

    11. Taichi

  5. Menggunakan Pinhole glasses bisa sangat membantu menambah ketajaman penglihatan anda. Barang ini cukup murah dipasaran, seorang teman membelinya di Jepang dengan harga hanya 100 Yen (atau sekitar 8.000 rupiah), tetapi saya tidak tahu berapa harganya di Indonesia (saya kebetulan membeli via internet dan harnya nya adalah 185.000, dan saya agak merasa tertipu :(

Latihan dengan pinhole glases akan coba saya tulis lagi nanti..


Sumber: http://watulawang.co.cc

»»  READMORE...

Tips Kesehatan Mata dan Tubuh Yang Kuat

Rabun jauh merupakan kelainan pembiasan mata. Sehingga penderita dapat membaca tulisan dan melihat benda berjarak dekat dengan baik, tetapi mengalami kesulitan melihat benda dan membaca tulisan pada jarak jauh. Sebabnya bentuk bola mata terganggu, sehingga sinar yang masuk mata, fokusnya jatuh jauh diluar dasar tegak lurus ( vertikal ).

Dapat pula karena pertumbuhan tubuh yang terlalu cepat, karena jaringan parut mata selaput bening mata, kencing manis yang tidak terkontrol, katarak, kebiasaan membaca terlalu dekat, kotoran di organ penglihatan.

Menurut akupunktur traditional faktor-faktor penyebabnya adalah lemahnya hati, kandung empedu, limpa lambung, ginjal dan kandung kemih. Menurut teori Wulun Pa Kao ( teori lima roda ) karangan pakar pengobatan cina sekitar 2000 tahun yang lalu, melihat keadaan mata dapat tercermin, kuat lemahnya organ-organ dalam tubuh.



Kelainan organ yang dapat tercermin dari antara lain :

* Jantung dan usus kecil ciri pendarahan mata, nyeri bagai ditusuk jarum
* Hati dan kandung empedu cirinya Mata merah dan air mata berlebihan
* Limpa dan lambung cirinya Lemahnya otot-otot kelopak mata lemah, kabur, buta, pusing dapat mual karena terlalu banyak membaca
* Paru-paru dan usus besar cirinya Kelainan pembuluh darah pada ujung mata
* Ginjal dan kandung kemih cirinya Mata silau dan gangguan penglihatan



Resep :

Pagi : Sari wortel 1/2 liter

Siang : Sari wortel 1 gelas, sari bit 1/3 gelas, dan sari timun1/2 gelas

Sore : Sari wortel 1 gelas, sari seledri 1/2 gelas dan petroselli 1/4 gelas



TERAPI AKUPRESSURE

Uyekan di bawah ini berhasil membuat beberapa penderita penglihatannya menjadi normal setelah diuyek oleh mereka sendiri stelah beberapa minggu.


1. Titik Pertama

Lambung no1, terletak dibawah mata, pada suatu garis lurus yang melewati tengah-tengah mata, bila mata melihat lurus kedepan.

Bila anda menderita penyakit lambung, titik ini dipijat pada pagi hari terasa sakit. Anda harus berhati-hati dengan lambung anda, hindari banyak makan.

Bila titik ini dipijat perlahan-lahan setiap pagi sebanyak 25 kali searah jarum jam akan dapat menyembuhkan radang selaput bening, radang selaput mata, rabun senja, cadok ( miopia ), mata kedutan, bular mata, juga radang selaput jala.


2. Titik kedua

Titik kandung kemih no 1, disebut juga sebagai titik terang mata. Letaknya didekat pangkal hidung berjarak 1/4 cm dari dari batas mata dekat hidung. Bila diuyek-uyek secara perlahan setiap pagi sebanyak 25 kali searah jarum jam, dapat menyembuhkan radang selaput bening, keluar air mata, rabun senja, buta warna, cadok, mundur syaraf penglihatan, bular mata, dan daya pandang rusak.

3. Titik ketiga

Titik usus besar no 4, terletak di gunungan tertinggi antara jari jempol dan jari telunjuk apabila dirapatkan. Menurut akupunktur traditional bila titik ini diuyek-uyek setiap pagi sebanyak 25 kali sesuai dengan jarum jam dapat menyembuhkan bengkak mata, sakit kepala daerah kening, nyeri mata, kejang mulut, tidak dapat haid, radang selaput lendir, tuli, bisu, sakit tulang sendi anggota gerak atas, dan juga lumpuh.

Di negeri Cina, para akupunkturis menusuk titik usus besar no 4 ini dengan jarum akupunktur mengadakan pembedahan karena dapat untuk patiroso ( pembiusan tanpa obat ).


4. Titik keempat

Titik kandung empedu no 20 ini di sebut ” kolam angin ”. Titik ini mempunyai ciri khas menyembuhkan penyakit masuk angin. Letaknya satu jari dari batas rambut belakang dalam sebuah lekukan pada pertengahan ujung otot bahu dan otot leher.

Bila titik ini dipijat perlahan-lahan setiap pagi sebanyak 25 kali searah jarum jam akan dapat menyembuhkan penyakit mata, sakit kepala, pusing, pilek, sakit bahu, epilepsi, dan lumpuh sebelah.


5. Titik kelima

Titik kandung empedu no 27 di dalam teori akupunktur tradisional disebut titik ” Sinar Terang ”, karena sangat efektif menyembuhkan penyakit mata bila diuyek-uyek 25 kali setiap hari.

Letaknya naikkan tujuh jari tangan penderita diatas polok mata kaki luar pada batas tulang kering.

Selain dapat untuk menyembuhkan penyakit mata juga berguna menyembuhkan sakit dan pegal tungkai bawah, nyeri dan bengkak kelenjar susu sebelum datang haid, mata cadok, buta malam, kepala pusing, dan sakit sisi luar kaki.


6. Titik keenam

Terdapat di ujung bawah daun telinga ini merupakan titik menghilangkan gejala rabun jauh. Setiap pagi supaya di pijat keras-keras sebanyak 25 kali.


7. Titik ketujuh

Kandung empedu no 1, letaknya sejauh satu jari dari ujung mata menjauhi sudut mata. Titik ini bila diuyek-uyek dapat menyembuhkan kepala pusing, glaucoma, katarak, penglihatan menurun, mata berair karena angin, buta malam, juga seluruh selaput bening keruh.


8. Titik kedelapan

Titik ini di sebut Taiyang letaknya dalam lekukan sejauh dua jari menjauhi sudut mata. Bila anda pusing uyek-uyek searah jarum jam 20 kali. Apabila salesma putar tidak searah jarum jam sebanyak 50 kali, titik ini dapat menyembuhkan mata cadok.

Sumber: http://www.indonesiamedia.com
»»  READMORE...

Cara Terapi Mata Minus Secara Tradisional

Jangan berkecil hati hai orang-orang minus sedunia, sebab ada solusi pengobatan mata minus. Ia bukan operasi ataupun LASIK, ia adalah sebuah terapi dari Singapore.

Waktu: 2xsehari (pagi dan sore)
Tempat: memiliki jarak pandang lumayan jauh (outdoor lebih baik).
Alat: sebuah baskom berisi air bersih
Caranya:
  1. 1 Cipratkan air secukupnya sampai membasahi kedua mata
  2. 2 Berdiri tegak, miringkan badan ke kanan kiri masing-masing 10x
  3. 3 Gelengkan kepala ke atas bawah masing-masing 10x
  4. 4 Gelengkan kepala ke kiri kanan masing-masing 10x
  5. 5 Putar kepala ke kiri kanan masing-masing 10x
  6. 6 Cipratkan air secukupnya sampai membasahi kedua mata
  7. 7 Geser mata melirik ke atas bawah masing-masing 10x
  8. 8 Geser mata melirik ke kiri kanan dengan bantuan tangan yang direntangkan sebagai titik yang harus dilihat masing2 10x.
  9. 9 Putar mata ke kiri kanan masing-masing 10x
  10. 10 Cipratkan air secukupnya sampai membasahi kedua mata
  11. Pijat daerah sekeliling mata dengan satu jari dari tiap tangan secara bersamaan sampai 10x putaran lalu geser arah pijatan ke belakang kepala sampai kedua jari bertemu.
catatan:
*Untuk no.2-4, fokus mata ke titik lurus di depan
*No. 1, 6, dan 10 dimaksudkan agar tak terjadi iritasi pada mata
*Pada seluruh gerakan (2-4, 5-9), rasakan tarikan otot mata Anda.

Terapi ini tidak membutuhkan biaya dan sangat sederhana, namun hanya diperlukan ketekunan. Saya telah mencobanya sendiri dan hasilnya benar-benar efektif. Dalam waktu seminggu satu mata akan turun minusnya sebanyak 0.25. Mata(dua-duanya) saya semula -4.5 menjadi -3.5. Namun saya belum sampai menuntaskan terapi ini karena cukup menyita waktu saya dan mungkin akan terasa sedikit memalukan untuk melakukannya outdoor dan dilihat orang banyak. Anyway, jika ada pertanyaan masukkan di komentar. Selamat mencoba!

http://poenjagw.blogspot.com
»»  READMORE...

Mata Minus dan Posisi Tidur

Tidak ada hubungan antara posisi tidur sambil membaca dan timbulnya kelainan mata. Tapi justru lampu yang menerangi tulisan tersebut, yang amat merpengaruh terhadap kesehatan mata.

Oleh karena itu merawat mata menjadi penting, dengan melakukan perlindungan dan memperlakukannya secara hati-hati agar tidak terancam pelbagai gangguan yang tak perlu.

Mata termasuk organ tubuh yang sangat vital. Kalau indera penglihatan ini terganggu, segala aktivitas kita pastilah ikut terganggu. Sekadar kena kelilip saja, kita sudah uring-uringan. Oleh sebab itu dr. H. Raman R. Saman dari RS Mata Prof. Dr. Isak Salim Aini, Jakarta, mengingatkan, betapa pentingnya pelindung mata bagi para pengendara sepeda motor. Terpaan angin, debu, dan terik sinar matahari yang mengandung ultra violet, berpeluang mengganggu kesehatan mata. Serpihan benda padat, zat kimia, atau serangga yang masuk ke mata bisa menyebabkan infeksi mata (konjungtivitis) dengan gejala merah, pedih, atau belekan. Bisa juga mengakibatkan infeksi kornea (keratitis) yang dapat meninggalkan bekas luka parut setelah sembuh, bercak putih tipis (nebula) atau tebal (makula).

Kondisi yang lebih parah kalau tumbuh pterygeum (semacam daging tumbuh) yang menutupi kornea mata. Kelainan yang di dasari oleh bakat ini, bila ukurannya masih kecil (kurang dari 1 mm) dan tidak menimbulkan gangguan (merah, pedih, rasa mengganjal pada mata) tidak apa apa, terutama kalau usia penderita masih di bawah 40 tahun. Namun, kalau membesar sampai mendekati lingkaran pupil, sering merah, dan terasa pedih, serta usia penderita di atas 40 tahun, sebaiknya segera diatasi. Dokter biasanya akan melakukan pengikisan lewat pembedahan. Pembedahan yang hanya berlangsung 15 menit itu jarang dilakukan pada penderita usia di bawah 40 tahun, sebab kemungkinan timbul kembali lebih besar.

Pelindung mata itu boleh berupa helm atau kacamata. Helm yang baik, menurut dr. Saman, dilengkapi visor (kaca plastik yang dapat dinaikturunkan seperti helm pilot pesawat tempur). Kacamata yang baik terbuat dari plastik yang tidak mudah pecah dan posisinya ketika dipakai rapat pada kulit dahi dan pipi. Sebaiknya, dipilih lensa photosun atau photogrey yang dapat meredupkan cahaya yang terlalu silau atau menjadikan terang di saat hari mulai gelap. Lensa warna hijau lebih sejuk karena pandangan sekeliling dominan berwarna hijau. Dengan warna hijau pula, semua warna lain tersaring, kecuali hijau. Atau warna abu-abu yang bersifat netral dan mampu memfilter semua warna. Dengan mengenakan kacamata hijau atau abu-abu, cahaya yang sampai ke retina mata lebih redup. Kacamata pelindung juga wajib hukumnya untuk dikenakan para pekerja pabrik seperti pabrik baja, aki, tekstil, peniup gelas, serta pengelas, penggurinda, dan pengecor besi. Jika selaput bening mata atau kornea terkena zat H2SO4 (asam sulfat) dari aki atau uap formalin dari tekstil, sel-sel pembentuk air matanya terganggu.

Tidak kalah bahayanya adalah pengaruh panas pengecoran besi atau baja yang bisa mempercepat terjadinya katarak. Dibandingkan dengan di negara-negara dingin atau empat musim, penduduk negara tropis umumnya lebih cepat terkena katarak atau pterygeum karena pengaruh panas, debu, serta angin.

Kebiasaan minum alkohol atau arak berkualitas rendah, menurut dr. Saman, juga bisa merusak mata sehingga buta akibat saraf matanya mati. Penderita buta permanen ini umumnya organ matanya seperti kornea, lensa, retina, pupil, bola mata, tidak mengalami kecacatan. Orang lalu terkelabui oleh cacat mata seperti ini.

Membaca sambil berbaring

Benarkah kebiasaan membaca sambil tiduran ada hubungannya dengan gangguan mata minus? “Bukan posisi membacanya yang sebenarnya menyebabkan mata rusak, tetapi lampu yang menerangi tulisan,” jelas dr. Saman. “Jadi, tidak ada hubungan antara posisi tidur sambil membaca dan timbulnya kelainan mata.” Pada posisi membaca sambil duduk, lampu yang menerangi biasanya datang dari atas, sehingga posisi membaca demikian ini dinilai paling baik. Namun, tidak ada salahnya mengingatkan anak anak, atau siapa pun, untuk tidak membaca sambil tiduran, apalagi kalau penerangan lampu tidak cukup. Untuk keperluan membaca, atau juga melakukan pekerjaan tangan yang rumit seperti menisik, menjahit, melukis, dsb., disarankan menggunakan penerangan dengan bola lampu susu 40 watt. Sebaiknya sinarnya di pusatkan ke objek bacaan atau pekerjaan yang dilakukan.
“Bola lampu susu tidak silau karena ada filternya. Sedangkan lampu neon tidak disarankan karena sinarnya berupa getaran,” tutur dr. Saman. Lampu duduk dengan bohlam 60 watt dinilai terlalu terang, sebaliknya di bawah 40 watt terlalu redup. Kurangnya penerangan yang cukup menyebabkan kerja Otot terlalu berat sehingga mata mudah lelah dan pedih, dan ini mempercepat timbulnya kelainan miopia (rabun jauh atau cadok) terutama pada seseorang yang punya bakat.

Dr. Saman menolak mitos bahwa pencegahan miopia (mata minus) atau hipermetropia (mata plus) bisa dilakukan dengan makan wortel. Menurut ilmu kedokteran mata, itu tidak benar. “Wortel memang banyak mengandung vitamin A dan bagus untuk kesehatan, namun tidak untuk mencegah miopia,” tegasnya. Begitupun air sirih yang dikatakan bagus untuk mencuci mata, sebenarnya sama saja fungsinya jika mencuci mata dengan air bersih atau boorwater (air suci hama pencuci mata).

Pengecekan untuk mengetahui apakah mata Anda masih normal atau tidak, bisa dilakukan sendiri secara sederhana di rumah. Anak yang matanya sering dikedip-kedipkan, digosok-gosok, atau dikerutkan, bisa dites penglihatannya dengan menyuruh dia membaca angka-angka kalender dari jarak tententu. Cara ini bisa pula dilakukan di sekolah bila guru mencurigai muridnya mempunyai kelainan mata.

Mereka yang hobi berenang sering mengalami mata merah setelah berenang. Hal itu tidak perlu dicemaskan karena akan pulih kembali dengan sendirinya. Mata merah demikian umumnya bukan akibat dari kemasukan bakteri, tetapi karena kaporit pada air kolam renang. Kaporit atau sabun justru mengandung anti septik.

Sementara itu jika Anda terserang penyakit mata merah akibat virus, atau lebih populer dengan belekan sebenarnya, menurut Raman, cukup diatasi dengan beristirahat saja. Biasanya setelah 3 hari akan sembuh dengan sendirinya karena air mata sudah mengandung antiseptik. Namun, belekan ini memang sangat menular, sehingga mereka yang tinggal bersama penderita hendaknya diberi pencegah berupa obat tetes mata yang mengandung antibiotik selama beberapa hari dan menjauh dari penderita.

Pengaruh gelombang elektromagnetik pada komputer atau televisi pun tidak berakibat buruk pada mata, selama tidak terjadi kebocoran magnet pada kedua perangkat tersebut yang bisa membahayakan retina mata. Namun jarak menonton televisi perlu dijaga, setidaknya tujuh kali lebar televisi. Kalau Anda bekerja di depan komputer dan setelah beberapa saat mata terasa pedih atau capek, sebaiknya beristirahat sebentar barang 10 menit. Sementara beristirahat, pandangan mata sebentar diarahkan ke pemandangan yang jauh atau banyak pepohonan hijau agar terasa sejuk kembali.

Bila bangun pagi mata terasa capek atau pedih, cobalah teliti secara cermat apakah pada malam sebelumnya Anda terlalu lama membaca atau bekerja di depan televisi? Kalau demikian, sebenarnya tidak perlu cemas, sebab dengan cukup istirahat di malam berikutnya, mata Anda akan kembali sehat. Namun, dr. Raman mengingatkan, kalau tiba-tiba mata kita sakit, merah, atau pedih, dan sampai tiga hari keadaannya malah semakin parah, hendaknya segera ke dokter, agar kelaian atau penyakit dapat terdeteksi sedini mungkin. Sebelum ke dokter, untuk sementara mata bisa diberi obat tetes atau salep mata yang mengandung antibiotik.

Kapan perlu obat tetes?

Menghadapi gangguan mata, sering kali timbul pertanyaan, apakah obat tetes mata yang diperjualbelikan di pasaran bisa menjamin mata dari serangan penyakit atau masuknya bakteri? Menurut dr. Saman, mata manusia sudah dilengkapi dengan sistem perlindungan yang baik, seperti bulu mata, alis mata, refleks kedip, serta air mata yang mempunyai susunan kimia tertentu yang tidak ada tandingannya. Karena itu, obat tetes diperlukan pada kondisi tertentu saja. Misalnya, pada penderita mata kering atau produksi air mata kurang karena faktor usia, penderita kelainan glaukoma (tekanan bola mata yang terlalu tinggi), terkena infeksi atau alergi. Itu pun harus atas anjuran dokter mengingat ada obat tetes mata di pasar bebas yang mengandung zat penyempit, atau pengerut pembuluh mata (vasoconstriction). Obat ini dalam sekejap memang bisa menghilangkan merah mata akibat terkena debu atau kotoran. Namun, bila digunakan dalam waktu lama, bisa sebagai pencetus kelainan glaukoma terutama bagi mereka yang berbakat.

Ada pula obat tetes mata yang mengandung katalin, yang konon diklaim bisa menghambat kelainan katarak pun, sebenarnya kurang berfungsi. Cara satu-satunya mengobati katarak adalah dengan operasi.

Untuk menguji apakah mata kekurangan air atau tidak, biasanya dokter melakukan tes schilmer atau menggunakan semacam kertas plui (penyerap air) selama 5 menit. Kalau air mata yang terserap hanya 1 – 5 mm, berarti air mata dalam kondisi kurang. Di sinilah obat tetes air mata buatan (liar tears) diperlukan. ?Ibarat sop yang kurang asin, tentu harus ditambah garam, bukan cabai atau gula. Jadi, pemakaian tetes mata harus tepat guna,? tegas dr. Saman.

Mata yang alergis dengan tanda-tanda seperti gatal, merah, dan ada kalanya keluar bintil-bintil kecil karena alergis terhadap debu atau serbuk tanaman, juga membutuhkan obat tetes mata yang bersifat disensitifisasi atau mencegah cetusan. Atau obat tetes antihistamin untuk menghilangkan gejala.

Sementara itu pemakaian boorwater yang juga dapat dibeli di apotek atau toko obat tidak dianjurkan digunakan secara rutin untuk mencuci mata. “Bila mata kelilipan entah kemasukan pasir, bulu mata, atau debu, tidak perlu harus dicuci dengan boorwater. Dengan air bersih pun cukup,” kata dr. Saman.

Sumber: http://www.depkes.go.id
http://hidupsehat.sumberide.com
»»  READMORE...

Mengobati Mata Minus Dengan LASIK

Kemajuan teknologi dibidang kedokteran saat ini sudah sedemikan majunya, salah satunya adalah dibidang kedokteran mata , adalah teknik LASIK .
Dengan teknik LASIK kini dapat diperbaiki kelainan mata seperti Miopia ( rabun jauh ) ,Hipermetropia ( rabun dekat ) dan Astigmatis ( silinder ). Sebelum teknik LASIK ini ditemukan untuk memperbaiki kelainan mata Miopia misalnya seorang dokter mata melakukan bedah kornea secara konvensional ,artinya dokter melakukan sayatan pada ornea dengan pisau bedah.

Cara konvensional ini sangat berisiko ,yaitu kebutaan. dengan kemajuan teknologi kedokteran ditemukanlah teknik LASIK sehingga risiko kebutaan dapat dihindarkan sejauhnya.
Sejauh mana teknologi LASIK ini aman bagi mata kita ?

Dengan teknologi saat ini , menggunakan laser ,LASIK atau Laser Assisted In Situ Keratomileusis menjadi sangat begitu akurat dibawah operator seorang Optalmologist yang terlatih untuk dapat mengkoreksi memperbaiki kelainan Miopia, Hipermetropia dan Astigmatisma.

Yang dilakukan pada LASIK adalah bagian dari kornea mata ,seperti kita ketahui bola mata manusia mempunyai tiga lapisan yaitu :
1. Lapisan paling luar bola mata yang disebut dengan lapisan fibrosa ,terdiri dari lapisan Sklera dan kornea. Sklera adalah lapisan fibrosa yang membungkus bola mata hampir 5/6 bagian belakang mata dan sisanya adalah bgian depan untuk pengelihatan adalah konjungtiva bulbaris ( bagian putih mata ).
Kemudian adalah kornea merupakan bagian transparan dari lapisan fibrosa yang terdapat di seperenam bagian depan bola mata,

2. Kedua adalah lapisan Vaskuler ( lapisan Tengah ) yang terdiri dari bagian Koroid ,badan Silia dan iris mata. Koroid adalah lapisan hitam agak kemerahan yang terletak antara lapisan Sklera dan Retina membentuk bagian terbesar pada bagian lapisan Vaskuler mata.
Badan Silia adalah bagian yang menghubungkan Koroid dengan Iris .
Iris adalah bgian yang membuat mata berwarna hitam ,biru ,abu-abu ,bagian terdepan permukaan lensa mata.

3. Bagian Dalam Bola Mata yang terdiri dari Retina yang terdiri dari bagian optikus dan non visula. Bagian Optikus Retia yang sensitif untuk cahaya , dan sisanya Bagian non visual Retina .

Persiapan sebelum LASIK dilakukan ,

1. Sebelum Operasi ,
Pasien yang menggunakan contact lens sebaiknya melepaskan contact lensnya sebelum tindakan LASIK. Sebelum tindakan LASIK dokter harus mengetahui ketebalan cornea dengan menggunakan Pakimeter demikian juga dengan kontur kornea harus dikethui dengan akurat dengan menggunakan alat Topografer dan hasilnya berupa peta Topografi Kornea. Data ini sangat berguna untuk mendeteksi Astigmatisma dan kelainan kornea lainya.

Dengan data informasi ini dokter akan membuat suatu rencana dan perhitungan jaringan kornea mana saja yang akan dihilangkan pada waktu Operasi. Sebelum tindakan LASIK dilakukan dokter biasanya akan memberikan pasien resep antibiotika untuk mengurangi risiko infeksi yang mungkin terjadi setelah prosedur LASIK.

2. Masa Operasi LASIK
Tindakan Flap Creation , sebelumnya Flap Creation suatu Corneal Ring ditempelkan pada mata ,tindakan ini dimaksudkan agar mata tetap tidak bergerak pada tempatnya. Pada tindakan ini kadang dapat menyebabkan mata cedera sedikit sehingga akan menyebabkan terjadinya perdarahan sedikit. Efek ini dapat terjadi dalam beberapa minggu saja.
Tindakan Flap Creation dilakukan dengan teknik mikrokeratomi dengan femtosecond laser microkeratome atau disebut juga intraLASIK. Pada Flap yang terbentuk diletakkan semacam engsel atau hinge . Kemudian Flap dibalik dan akan menampakan stroma pada bagian tengah kornea.

Langkah berikutnya adalah Laser Remodeling , langkah ini dilakukan dengan Eximer Laser dengan akurasi 193 nm untuk dapat mengubah bentuk stroma kornea ,lapisan jaringan diambil kurang lebih hanya sepuluh mikro ketebalannya. Penggunaan Laser Ablation setelah itu membantu perbaikan visualisasi dengan cepat.

Berikutnya adalah tindakan Flap Reposition , dengan cara Flap dikembalikan keposisinya secara sangat hati-hati ,setelah itu dokter akan memperhatikan adakah gangguan atau hal yang perlu dilakukan sebelum tindakan operatif selesai.

3. Setelah Operasi :

Kadang terjadi perdarahan pada subconjunctival ( yaitu bagian putih mata terlihat merah karena perdarahan ) ,tetapi tidak usah khawatir ini adalah yang paling umum terjadi setelah tindakan LASIK yang akan sembuh hanya dalam beberapa waktu. Hal lain yang dapat terjadi adalah Ghosting ,visualisasi ganda , kehilangan Sensitivitas Contras ,Foggy Vision , dan kesilauan setelah tindakan LASIK , semua ini tentu tergantung dari keadaan mata sebelum tindakan LASIK dilakukan. Oleh karena itu dokter akan memperhitungkan segela sesuatunya dengan cermat sebelum tindakan LASIK diputuskan untuk dilakukan.

Teknik LASIK jelas sangat bermanfaat dan menguntungkan dibandingkan dengan tindakan bedah konvensional yang mempunyai risiko tinggi , sudah tentu teknik LASIK ini akan semakin sempurna ditangan dokter Optalmologis yang cermat dan sangat terlatih.

Sumber : http://formulasehat.com/teknologi/lasik-untuk-mata-rabun
»»  READMORE...

Obat Mata Yang Paling Ampuh Menurut Islam

Rata Penuh

Mata merupakan salah satu indera vital bagi manusia, dengannya kita dapat melihat dengan jelas mana yang lebih baik dari yang buruk, tanpanya kita akan merasakan ketidak-sempurnaan sebagai manusia, dan salah dalam menggunakannya akan membuat kita melihat dalam kebutaan.

Secara phisikologis dan sufis (mistis), seseorang dapat dinilai melalui matanya, karena mata adalah pancaran dan cerminan dari apa-apa yang ada di dalam hati, meskipun mulut dapat berkata lain namun mata tetap tidak dapat menyembunyikan dan menutupinya. Dalam kedokteran pun tidak heran jika kita akan jumpai seorang dokter yang memeriksa penyakit pasiennya melalui mata.

Obat Mata Minus, Kesehatan Mata, Mata Minus, Kesehatan Mata,

Berkembang pesatnya peradaban manusia akan membuat mata mudah terjangkiti oleh virus-virus peradaban yang mengakibatkan kerusakan atau kaburnya penglihatan dan sebagainya, meskipun secara dzahirnya terlihat baik, sehat dan kedua mata masih berfungsi normal, akan tetapi secara batiniahnya adalah layu dan tidak sehat. Saya menyadari, sebagian besar orang belum mengetahuinya, ada baiknya saya tuliskan sedikit mengenai obat ampuh yang dapat menangkal virus-virus tersebut yang mana telah dipraktekkan oleh ulama salaf terdahulu dan hasilnyapun telah terlihat jelas pada mata mereka.

Di sebuah mesjid, ketika muadzzin mengumandangkan azan, sampailah ia pada dua kalimat syahadat atas kerisalahan Nabi Muhammad SAW. Pada saat syahadat yang pertama dilantumkan, saya membaca “Shallallahu ‘alaika ya Rasulallah”, dan pada syahadat yang kedua, saya mencium kedua ujung ibu jari dan mengusapkannya ke mata sambil berucap “Qurrat ‘aini bika ya rasulallah Allahumma matti’ni bi as-sam’i wa al-bashari, Allahummah Fadz ‘ainay wa nurhima”. Jamaah yang hadir di saat melihat perbuatan tersebut bertanya dan berdebat bahkan ada yang mengatakan bid’ah.

Setelah selesai shalat berjamaah, semakin ribut dan ramai orang bertanya serta berdebat. Secara singkat saya hanya menjawab “Itulah obat yang paling ampuh untuk menjaga mata dan melindunginya dari segala macam bentuk penyakit mata”, orang yang minus pada matanya pun dapat menggunakan untuk mengurangi keminusan bahkan menyembuhkannya jika diamalkan secara berkesinambungan, dan orang-orang yang mempraktekkannya akan lebih jelas melihat jalan yang terang dan benar, terpancar pada kedua matanya ketajaman yang tidak dapat dinilai dan bahkan dapat menundukkan pandangan orang lain.

Sebagian ulama mengatakan bahwa hal ini adalah bid’ah. Sebagaimana dalam kitab “Talkhish al-Maqashid al-Hasanah” oleh Az-Zarqani bahwa Hafid al-’Arafi berkata jika hal ini tidak mempunyai dasar hukumnya dan diada-ada oleh Sufyan bin Uyainah. Ulama-ulama Wahhabi pun dengan tegas menyatakan bahwa hal ini adalah bid’ah.

Maslah ini sebenarnya telah disebutkan oleh ulama-ulama salafu salihin, seperti Al-’Alamah as-Sanwani dalam penjelasannya terhadap kitab “Mukhtashar Shahih al-Bukhari” oleh Ibnu Abi Hamzah. Juga seperti al-Faqih ad-Dilzali dalam kitab “Mujarrabat”nya, yang mengatakan bahwa sebagian besar ulama-ulama terdahulu telah mempraktekkannya yang menunjukkan sebagai qudwah bagi orang lain.

Syekh Daud al-Baghdadi menyebutkan dalam risalahnya bahwa saya tidak pernah mendapatkan hadis-hadis yang menunjukkan atas masalah ini, akan tetapi bisa jadi bersumber dari perkataan Rasulullah SAW:”Akan turun rahmat yang berlimpah di saat menyebutkan nama-nama orang shaleh”. Hal serupa juga dikemukakan oleh Ibnu Jauzi, Hafidz ibnu Hajar dari Imam Ahmad, juga oleh imam Suyuti dalam kitabnya “Al-Jami’ as-Sahghir”.

Diriwayatkan dari Ibnu Jawzi dati Sufyan bin Uyainah bahwa pada saat menyebutkan nama orang-orang shaleh akan bercucuran rahmat. Demikian juga yang dikemukakan oleh Syekh Daud al-Baghdadi. Tidak dapat dipungkiri bahwa Nabi Muhammad SAW adalah orang yang shaleh dan tiada keraguan akan turunnya rahmat yang berlimpah pada saat menyebutkan namanya, sehingga berdoa pada saat turunnya rahmat adalah mustajab dan orang yang mendengar serta berucap “Qurrat ‘aini bika ya Rasulallah” adalah doa terjaganya mata serta akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Maka tidak ada larangan padanya.

Ulama Hanafiah, seperti Thahthawi, menukilkan dalam penjelasannya terhadap kitab “Maraqi al-Falah” oleh Qahastani dari kitab “Kunz al-’Ibad fi fadhail al-Ghazw wa al-jihad” oleh abu al-Qasim bin Iqal berkata:”Disunnahkan pada saat mendengar syahadatain atas Rasul untuk mengucapkan Shallallahu ‘alaika ya Rasulallah pada syahadat pertama dan mengucapkan Qurrat ‘aini bika ya rasulallah allahuma matti’ni bi as-sam’i wa al-bashari pada saat mendengar syahadat yang kedua setelah mencium kedua ujung ibu jari sambil mengusapkannya ke mata, maka Rasulullah SAW akan menjadi penunjuk jalan baginya untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat”.

Dalam Hasyiyah al-Baidhawi dari syekh Abu al-Wafa berkata:”Saya telah mendapatkan dalam beberapa fatwa bahwasanya Abu Bakar As-shiddiq ra mendengar azan, pada saat muazzin sampai pada ucapan dua kalimat syahadat atas Nabi, ia mencium kedua ujung ibu jarinya dan mengusapkannya di kedua matanya, kemudian yang melihat perbuatan Abu Bakar tadi bertanya kepadanya:”Mengapa engkau melakukan yang demikian ya Aba Bakar?”, ia menjawab:”Saya bertabarruk dengan kemuliaan namamu ya rasul”, kemudian Rasulullah berkata:”Kamu benar, dan barangsiapa yang melakukan hal tersebut ia akan selamat dari kerabunan dan terjaga di sisiku jika ia mengucapkan “Allahummah Fadz ‘Ainay wa nurhima”, Ya Allah jagalah kedua mataku dan cahayanya. Hal serupa disebutkan oleh Ad-Dilimi dalam kitabnya “Al-Firdaus” mengenai hadis Abu Bakar ra tadi, dan juga disebutkan oleh at-Thahthawi dalam kitabnya “Al-Fadhail”. Hal serupa pun akan dijumpai dalam Hawasyi al-’Alamah as-sayyid Muhammad bin Abidin dalam “Ala ad-Dar”, malah ia mensunahkannya. Dengan demikian menunjukkan bahwa tidak ada larangan padanya dan tidak dapat dikatakan sebagai bid’ah.

Sebagian ulama mengkhususkannya hanya pada azan tanpa Qamat sebagaimana penjelasan al-Qahastani pada catatan kaki bukunya, dan sebagian yang lain membolehkannya bukan saja pada azan melainkan pada setiap mendengar ucapan dua kalimat syahadat atas Nabi, bahkan pada saat mendengarkan namanya.

Dari semua urain di atas, jelaslah apa yang dibutuhkan oleh mata agar terhindar dari segala macam bentuk virus peradaban dan obat yang ampuh untuk menyembuhkan kerabuan pada mata dan sebagainya. Karena hidup di zaman modern, mata tidak akan terhindar dari melihat apa-apa yang tidak patut untuk dilihat. Olehnya itu jagalah mata dan melindunginya seperti apa yang telah dikemukakan di atas. Wallahu a’lam bisshawab.

»»  READMORE...